Monday, April 11, 2011

Laporan Sistem Digital

Gerbang

Gerbang adalah suatu rangkaian logika dengan satu keluaran (output) dan satu atau beberapa masukan (input).

1.      Gerbang AND
Gerbang ini mempunyai dua state masukan. Masing-masing state mempunyai nilai biner, yang merepresentasikan suatu nilai logika, yaitu TRUE dan FALSEKunci dari gerbang ini adalah, output}nya akan bernilai TRUE jika kedua inputnya bernilai TRUE.

Analoginya adalah sebagai berikut:

Seorang atasan meminta bawahannya untuk membawa buku AND pensil. Jika bawahan tadi hanya membawa salah satu yang diminta (artinya salah satu yang TRUE), tentu saja hasil pekerjaan tersebut menurut atasan adalah FALSE, apalagi tidak satupun yang dibawa oleh bawahan, tentu juga bernilai FALSE. Atasan akan menganggap benar (TRUE) pekerjaan bawahannya apabila bawahan tersebut membawa kedua yang diminta (dua-duanya bernilai TRUE).

·         Table kebenaran
A
B
C = A.B
0
0
0
0
1
0
1
0
0
1
1
1

·         Simbol gerbang
        
               
·         Struktur IC 7408

                 
2.      Gerbang OR
Gerbang ini mempunyai dua state masukan. Masing-masing state mempunyai nilai biner, yang merepresentasikan suatu nilai logika, yaitu TRUE dan FALSE. Kunci dari gerbang ini adalah, outputnya akan bernilai TRUE jika minimal salah satu inputnya bernilai TRUE.

Analoginya adalah sebagai berikut:

Seorang atasan meminta bawahannya untuk membawa buku OR pensil. Jika bawahan tadi membawa salah satu yang diminta (artinya salah satu yang TRUE), tentu saja hasil pekerjaan tersebut menurut atasan adalah TRUE, apalagi kedua-duanya yang dibawa oleh bawahan, tentu juga bernilai TRUE. Jika tidak satupun yang dibawa (dua-duanya bernilai FALSE), maka hasilnya adalah FALSE.


·         Tabel kebenaran
A
B
C = A.B
0
0
0
0
1
1
1
0
1
1
1
1


·         Simbol gerbang
 
·         Struktur IC    




3.      Menggabungkan AND & OR
·         Simbol gerbang


·         Tabel kebenaran
Kedua
Input
0
0
0
1
1
0
1
1

·         Struktur IC 
       

No comments:

Post a Comment